Cara Membuat Kode HTML Link ke Tab Baru / Open in New Tab

Membuat link dengan open new tab adalah cara  yang harus diketahui oleh blogger terutama penulis atau bloger pemula. Cara membuat link menuju ke tab baru atau open in new tab tentunya sangat berfungsi untuk memudahkan visitor atau pengunjung blog atau website kita.

Selain itu, ternyata google bot atau mesin robot goolge juga sangat menyukai link yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Contohnya, judul artikel 1 dan judul artikel 2 yang saling berkaitan terhubung dengan link di kedua artikel. Sehingga mesin robot google akan menganggap posting tersebut berkaitan dan link di blog atau websitenya cukup berbobot.


Sebagai tambahan, jika kita menggunakan atau terpaksa menujukan sebuah link external yang menuju ke situs lain, disarankan untuk menambahkan tag atau kode rel="nofollow". Hal ini agar robot google menghiraukan link tersebut pada blog kita atau tidak serta merta menilai link tersebut. Nah, sebaliknya jika kita menghubungkan link ke alamat blog atau website yang sama, sebaiknya  tambahkan kode rel="dofollow" karena otomatis google bot akan mem-follow link yang terkait.

Nah kita langsung ke pembahasan Tutorial Blogger, yaitu Bagaimana Cara Membuat Link Menuju Tab Baru / Open Link in New Tab

Cara Membuat Link Menuju Tab Baru
Sebenarnya cara memodifikasi link dengan kode HTML cukup mudah dilakukan. Untuk cara membuat Open Link in New Tab atau kode HTML membuat link terbuka di tab baru, kita hanya perlu menambahkan kode target="_blank" pada kode HTML link yang ingin dibuat. Jadi ini merupakan cara membuat link otomatis terbuka ke tab baru bila di klik tanpa pengunjung blog atau visitor menggunakan right click.

Contohnya:

Bila ingin membuat kode HTML link terbuka di tab baru (tapi menggunakan alamat eksternal / ke situs luar)
<a href="https://portal-sosmed.blogspot.com" target="_blank" rel="nofollow" title="portal sosmed link nofollow">Judul Link</a>

Bila ingin membuat kode HTML link terbuka di tab baru (menggunakan alamat internal / link ke situs blog atau website yang sama)
<a href="https://portal-sosmed.website" target="_blank" rel="dofollow" title="portal sosmed link dofollow">Judul Link</a>

Kode HTML modifikasi link blog di atas, kita bisa lihat keterangannya di bawah:
  • https://portal-sosmed.blogspot.com adalah alamat tujuan
  • target="_blank" yaitu perintah untuk membuka link ke tab baru / open in new tab link.
  • rel="nofollow" digunakan hanya untuk link yang menuju situs lain.
  • rel="dofollow" digunakan hanya untuk link yang menuju situs yang sama.
  • title="portal sosmed link dofollow" merupakan judul link. Juduk akan muncul bila kursor mouse diarahkan ke link tersebut.


Nah, bagaimana? cukup mudah bukan untuk cara membuat link terbuka di tab baru?
Selanjutnya Sebelumnya